Pengumuman Hasil Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar Tahun 2019

Hits: 5486

olympiade sainsOlimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Dasar  Kota Balikpapan Tahun 2019, telah dilaksanakan pada hari   Senin, 4 Maret  2019 di SD Negeri 003 Balikpapan Kota, Balikpapan.  Kegiatan ini merupakan penilaian proses serta hasil belajar secara bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang terus dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang Sekolah merupakan tindakan konkret untuk mewujudkan dan memelihara suatu kondisi pendidikan dasar yang bermutu, menyenangkan, dan memungkinkan berkembangnya kemampuan peserta didik untuk mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis sesuai dengan tingkat perkembangannya.

 Ajang ini  diselenggarakan untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di daerah masing-masing.


Para peserta sangat antusias dalam mengikuti lomba bergengsi ini  yang bertujuan menyediakan wahana bagi peserta didik Sekolah Dasar untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga dapat berkreasi dan mengembangkan seluruh aspek kepribadian dan kemampuannya. Selain itu  memotivasi siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang  IPA dan Matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Aula SDN 003 Balikpapan Kota yang sejuk memotivasi  peserta yang berjumlah 72 (tujuh puluh duas) siswa  siap berjuang meraih tiket OSN SD Tingkat Provinsi yang akan berlangsung 28 Maret  2019 di Samarinda. Sedangkan OSN SD Tingkat Nasional akan diselenggarakan di DI Yogyakarta, 30 Juni s.d. 6 Juli 2019.

Peserta OSN SD 2019 Tingkat Kota yang lolos tingkat kecamatan  sebanyak 72 siswa dengan rincian Lomba IPA  sebanyak   36 peserta dari 36 SD Negeri dan Swasta yaitu  23 SD  Negeri dan 13 SD Swasta. Untuk Lomba Matematika :  36 peserta dari 36 SD Negeri dan Swasta yaitu 23 SD  Negeri dan 13 SD Swasta

Ibu  Triyuni Astuti selaku PPTK kegiatan ini menyampaikan laporan bahwa tahun 2019  ini OSN mengusung tema  Olimpiade Sains Nasional Mewujudkan   Generasi Kompetitif, Berkarakter, Berkualitas, dan Adaptif terhadap Perubahan.  Selanjutnya Pemenang OSN SD Tingkat Kota Balikpapan,   masing-masing Juara I, II, dan III akan mendapatkan piagam, piala,  medali dan dana pembinaan yang akan diserahkan saat pemberangkatan ke Ibukota Provinsi. Dana pembinaan untuk Juara I sebesar Rp 2.500.000,00, Juara II sebesar Rp 2.000.000,00 dan Juara III sebesar Rp 1.500.000.

Olimpiade Sains Tahun ini  dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan,  Bapak Budy Mulyatno yang memotivasi peserta agar serius dan meraih prestasi untuk membanggakan  Kota Balikpapan. Beliau meminta siswa dapat meraih prestasi di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional seperti yang pernah diraih siswa-siswa terbaik Balikpapan di OSN sebelumnya.   Hadir pula Narasumber Provinsi, Bapak Dr. H. Akhmad, M.Kes dan Bapak Drs. H. Haeruddin, M.Si., yang berkenan mengikuti acara pembukaan. Juga  Korwas,  para pengawas pembina dan pengawas SD yang bertugas sebagai pengawas ruang sebanyak 8 orang. Ketua K3S SD se-Balikpapan, Kepala Sekolah pemenang OSN tingkat kecamatan dan guru pendamping dari masing-masing sekolah peserta juga sangat aktif dalam mengawal siswa dalam ajang bergengsi ini.

 Berdasarkan hasil koreksi yang dilakukan Panitia OSN SD Tingkat Provinsi, hasil OSN SD Kota Balikpapan Tahun 2019 dapat  diunggah di website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan http://disdik.balikpapan.go.id  pada hari Senin, 11 Maret 2019 (terlampir).

Para siswa yang berhasil lolos OSN Tingkat Provinsi diharapkan berlatih intensif dan akan dibimbing Narasumber OSN berpengalaman di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan dan akan diberangkatkan Rabu, 27 Maret 2019, pukul 13.00 dengan terlebih dahulu dilakukan acara penyerahan piagam, piala,  medali, dan dana pembinaan oleh Kepala Dinas di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kota Balikpapan.



hasil olimpiade Sains Nasional SD 20190002

hasil olimpiade Sains Nasional SD 20190003

hasil olimpiade Sains Nasional SD 20190004